Kegiatan Pendataan Keluarga Sehat Di Desa Batu Belaman


Kegiatan Pendataan Keluarga Sehat Di Desa Batu Belaman

Sejak senin 4 Desember 2017 Puskesmas kumai melaksanakan kegiatan pendataan Keluarga Sehat di Desa Batu Belaman, kurang lebih sebanyak 12-14 petugas ditugaskan untuk mendata 12 indikator keluarga sehat kepada seluruh Keluarga,petugas tersebut berasal dari bermacam profesi seperti dokter gigi, perawat, bidan, nutrisionis dan tenaga lainnya yg sebelumnya telah berkordinasi dengan kepala desa batu belaman. Sesuai arahan kepala desa batu belaman Ardiansyah bahwa desa batu belaman terdiri dari 8 RT dan berharap seluruh warga desa dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung kelancaran kegiatan ini dengan menyiapkan dokumen2 yang dibutuhkan petugas, menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan serta mendengar penyuluhan tentang kesehatan dari petugas.

 

           Secara teknis Petugas akan mencatat identitas anggota keluarga sesuai Kartu Keluarga, menanyakan ketersediaan kartu jaminan kesehatan (JKN), air bersih, jamban keluarga, ada atau tidak anggota keluarga yg merokok, menderita penyakit tertentu, partisipasi aktif KB, bersalin di fasilitas kesehatan , ASI ekslusif pada bayi 0-6 bulan, partisipasi ke posyandu untuk imunisasi dan pengukuran tumbuh kembang bagi bayi balita. Data - data tersebut akan di analisa, di entry ke dalam aplikasi dan dipantau secara langsung oleh kementerian kesehatan kemudian menghasilkan penilaian dalam 3 kategori yaitu : 1. Sehat, 2. Pra -Sehat  ,3. Tidak Sehat. Bila terdapat masalah kesehatan pada tiap desa, RT maupun keluarga petugas kesehatan tetap berkordinasi dengan pihak desa serta sektor terkait dalam merumuskan intervensi kesehatan yang dibutuhkan.

              Kegiatan ini Merupakan Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang tertuang dalam Permenkes no 39 tahun 2016 dan perlu diketahui bersama bahwa saat ini puskesmas kumai merupakan satu dari 2 puskesmas di kabupaten kotawaringin barat yang ditunjuk pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan sebagai LOKUS (Lokasi Khusus) dalam program yang disingkat PIS-PK. Puskesmas kumai akan mendata seluruh keluarga di wilayah kerja yang terdiri dari 3 kelurahan dan 6 desa secara bertahap, penting bagi semua pihak untuk mensukseskan program prioritas ini. Dengan harapan melalui kegiatan ini dapat menggambarkan status kesehatan masyarakat, mendekatkan akses kesehatan kepada warga masyarakat serta terdeteksi nya beberapa masalah kesehatan dan tindak lanjutnya serta tercapainya SPM Nasional bidang kesehatan.



Komentar

Tinggalkan komentar