Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2017


Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2017

Lomba Balita Sehat Indonesia tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat sambutan hangat peserta. Sebanyak 36 balita dari 18 puskesmas di seluruh Kobar, Rabu (18/10/2017) mengikuti lomba di Quizas Cafe, Hotel Arsela Pangkalan Bun. Para peserta lomba adalah perwakilan dari18 (delapan belas) Puskesmas dengan jumlah peserta sebanyak 36 (tiga puluh enam) balita. Masing-masing Puskesmas mewakili 2 (dua) kelompok umur yaitu1 (satu) orang balita usia 6-24 bulan dan 1 (satu) orang balita usia 2 – 5 Tahun.

(kanan) Bapak Samsudin, SKM, M.Si. ketua panitia saat di wawancarai

"Dinkes Kobar menggelar Lomba Balita Indonesia tingkat Kobar yang diikuti 36 balita, kegiatan itu merupakan rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional 2017," ujar ketua panitia lomba balita indonesia sekaligus kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kobar, Bapak Samsudin.

Proses penilaian balita

Ia menerangkan, ada dua kategori yang dilombakan. Yakni balita usia 6 - 24 bulan, dan balita usia 2 tahun sampai 5 tahun. "Yang menjadi penilainnya dari status fisik, tumbuh kembang status gizi, kartu menuju sehat (KMS), status imuniasi, gigi, dan psikologi," ujar dia.

Usai lomba yang dimulai pukul 07.00 WIB, panitia dan dewan juri mengumumkan para pemenangnya. "Yang menang lomba akan kami kirim ke Palangka Raya untuk mengikuti lomba balita tingkat provinsi," tambah Bapak Samsudin.

Lomba tersebut juga menurunkan dewan juri dari lintas sektor. Diantaranya dari Dinkes Kobar, dari RSUD SI, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP dan KB) Kobar, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), persatuan ahli gizi, dan himpunan psikologi. "Acara puncak hari kesehatan nasional akan diperingati pada tanggal 12 November, kagiatan ini kita lakukan sebelum acara puncak berlangsung,"

Ia menambahkan, respon dari orang tua balita cukup bagus. Bahkan dari puskesmas juga mengirimkan para peserta balita sehat yang menjadi unggulan daerahnya atau puskesmasnya. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini yaitu sebagai media pembelajaran dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat untuk melakukan pemantauan pertumbuhan balita dalam 1000 hari kehidupan pertama dan meningkatkan peran serta masyarakat tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan balita.



Komentar

Tinggalkan komentar