Pelatihan Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Kesehatan Angkatan II


Salah satu faktor terpenting bagi pemangku dan calon pemangku jabatan fungsional selain pendidikan adalah angka kredit. Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir kegiatan yang harus dicapai oleh pejabat fungsional yang digunakan  sebagai  salah satu syarat untuk pengangkatan dan kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional.

Angka kredit jabatan fungsional dinilai oleh Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Kesehatan yang di bentuk berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 153/Menkes/SK/III/2006 tentang Pedoman Penilaian Angka Kredit jabatan Fungsional Kesehatan di Lingkungan Kesehatan dan dapat dilihat dari Permenpan masing - masing Jabatan Fungsional Kesehatan

Untuk meningkatkan kompetensi Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional  Kesehatan, Balai Pelatihan Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan Provinsi  Kalimantan Tengah Tahun 2017 Angkatan II,dengan jumlah peserta 35 orang.

Dinas Kesehatan kabupaten Kotawaringin Barat  mengirimkan 5 orang peserta yaitu 2 orang sekretariat Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Kesehatan, 3 orang Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan ( Perawat, Bidan dan farmasi)

Pelatihan tersebut berlangsung selama 5 hari yaitu 13 s/d 17 November 2017.

Dalam pelatihan tersebut peserta diberikan materi tentang Peraturan -peraturan yang berkaitan tentang Jabatan Fungsional Kesehatan. Adapun materi Inti tentang Alur Penilaian DUPAK (Daftar Usul Penetapan Angka Kredit).

Adapun mekanisme Penilaian angka Kredit Jabatan Fungsional Kesehatan  adalah sebagai berikut :

  1. Pengusulan DUPAK Jabatan Fungsional Kesehatan untuk Periode Kenaikan Pangkat April  harus di terima Sekretariat Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat mulai 1  – 30 Oktober 2017 (Usul kenaikan pangkat sudah harus diterima oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kab.Kobar selambat-lambatnya pada tanggal 15 Januari).
  2. Pengusulan DUPAK Jabatan Fungsional Kesehatan untuk Periode Kenaikan Pangkat Oktober 2018 harus di terima Sekretariat Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat mulai 1-30 Mei 2018 (Usul kenaikan pangkat sudah harus diterima oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kab.Kobar selambat-lambatnya pada tanggal 10 Juni 2018).
  3. Berkas yang masuk akan diverifikasi kelengkapan bukti penunjangnya.
  4. Berkas yang lolos verfikasi akan dinilai oleh Tim Penilai Jabatan Fungsional Dinkes Kobar.
  5. Berkas dinilai oleh Tim Penilai Angka Kredit dengan jangka waktu yang telah di tentukan oleh Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Kesehatan dan Sekretariat Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional.
  6. kemudian akan dibuat PAK oleh Sekretariat Tim Penilai Jabatan Fungsional Dinkes Kobar.
  7. PAK akan ditanda tangan oleh Kadis Dinkes Kobar setelah tahap paraf berjenjang.
  8. Apabila DUPAK yang masuk ke Sekretariat Tim Penilai Dinas Kesehatan Prop/Kab/Kota telah melampaui tanggal yang ditetapkan, maka DUPAK akan diproses untuk periode berikutnya.

 

 

MEKANISME PENILAIAN ANGKA KREDIT DAN 

SK JABFUNG YANG  PBAK-NYA
DI DINKES PROP/KAB/KOTA

 

                Adapun Rencana Tindak Lanjut dari Pelatihan ini yaitu adanya Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Kesehatan yang sesuai dengan peraturan yang ada diharapkan, adannya Standar Operasional Prosedur bagi Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional  Kesehatan, Rencana Kerja Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan sehingga alur Penilaian Angka Kredit Di Dinas Kesehatan kabupaten Kotawaringin sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 153/Menkes/SK/III/2006 tentang Pedoman Penilaian Angka Kredit jabatan Fungsional Kesehatan di Lingkungan Kesehatan



Komentar

Tinggalkan komentar