Visi dan Misi


 

Visi : “Terwujudnya Kemandirian Masyarakat Hidup Sehat Di Kabupaten Kotawaringin Barat Yang Sejahtera, Berkeadilan Dan Jaya”

Untuk mewujudkan visi tersebut, ada empat misi yang akan dilaksanakan oleh seluruh jajaran  kesehatan di Kabupaten Kotawaringin Barat. Empat misi tersebut meliputi  :

1. Meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat dan kemitraan dengan semua pihak untuk menerapkan prilaku hidup sehat di masyarakat

Disadari bahwa keberhasilan pembangunan kesehatan tidak hanya dapat diraih atas kerja keras jajaran kesehatan semata melainkan peran serta masyarakat dan juga kemitraan dengan lembaga lembaga sosial kemasyarakatan dengan segenap komponennya mempunyai peran penting  dalam menentukan keberhasilannya. Oleh karena itu, setiap upaya pembangunan harus mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

2. Meningkatkan upaya kesehatan dasar paripurna yang bermutu dan profesional

Salah satu tanggung jawab jajaran kesehatan adalah menjamin tersedianya pelayanan kesehatan yang bermutu, merata, terjangkau oleh setiap individu, keluarga dan masyarakat luas. Pelayanan kesehatan yang berkualitas, merata dan terjangkau diselenggarakan bersama oleh Pemerintah dan Masyarakat termasuk Swasta.

3. Menjamin pemenuhan sumberdaya kesehatan secara adil dan merata

Upaya-upaya yang dilakukan oleh kementerian kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Dinas Kesehatan dalam menempatkan tenaga kesehatan berdasarkan kualifikasi pendidikan atau disiplin ilmu pada setiap wilayah di kabupaten Kotawaringin Barat secara adil dan merata, yang diharapkan di setiap desa di wilayah  Kabupaten Kotawaringin Barat terdapat tenaga kesehatan sesuai kebutuhan. Sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga tercipta derajat kesehatan yang optimal.

4. Menciptakan tata kelola pelayanan kesehatan yang baik.

Kesehatan adalah tanggung jawab bersama setiap individu, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan swasta. Apapun yang dilakukan Pemerintah dalam pembangunan kesehatan tidak akan ada artinya bila tidak disertai kesadaran individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan  dan menjaga kesehatannya masing-masing secara mandiri. Pemerintah selalu berupaya untuk terus meningkatkan dan memperluas jangkauan cakupan pembangunan kesehatan dan meningkatkan kualitasnya disertai upaya meningkatkan tata kelola pelayanan kesehatan yang baik sehingga nantinya mampu untuk mewujukan visi daripada pembangunan kesehatan di Kabupaten Kotawaringin Barat.